Tips Servis Komputer Sering Restart Sendiri

 

Tips Servis Komputer Sering Restart Sendiri - Apakah anda mengalami komputer yang sering restart sendiri, apalagi jika anda sedang melakukan sebuah pekerjaan penting menggunakan komputer anda. Berikut saya jabarkan penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart dan cara mengatasinya, antara lain :
1. Procesor Kepanasan
Overheat pada procesor merupakan penyebab utama komputer sering restart sendiri. Anda harus rajin mengecek temperatur pada komputer anda dan jangan sampai mengalami overheat. Cara mengatasi komputer sering restart sendiri karena overheat adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan debu yang menempel di CPU dan juga pendingin procesor. Gunakan kuas cat berukuran kecil yang halus dan bersih atau gunakan vacum cleaner kecil.
  • Simpan komputer di tempat yang tidak terlalu panas dan lebih baik di ruangan ber-AC atau ada kipas angin. Minimal simpan komputer di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.
  • Gunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dengan Pendingin. Ganti thermal paste jika sudah kering.
  • Gunakan program monitoring temperature misal CPUID Hardware Monitor agar anda mengetahui kondisi overheat pada processor anda.
2. Hardisk Bad Sector
Penyebab kedua yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri adalah terjadi Bad Sector pada Hardisk di komputer anda. Bad sector pada hardisk juga menjadi penyebab komputer hang, muncul bluescreen dan akan restart terus menerus.
Untuk memperbaiki hardisk bad sector tersebut anda dapat menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan meng-shutdown komputer terlebih dahulu.
3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart juga terkadang disebabkan karena ada kerusakan pada bagian VGA Card yang terpasang di Slot AGP atau PCI. Gejala VGA Card yang rusak adalah pada bagian pendinginnya akan terasa cepat panas dan tampilan gambar menjadi rusak. Silahkan cek komponen tersebut mungkin VGA Card di komputer anda yang menjadi penyebab komputer sering restart.
4. Power Supply kekurangan daya
Kurangnya daya pada power supply juga menjadi penyebab komputer sering restart. Hal ini dapat terjadi  karena macetnya kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga akan mengakibatkan overheat pada komponen. Saran saya adalah gunakan power supplai dengan daya minimal 530 Watt.
5. RAM rusak
RAM pada komputer yang rusak juga menjadi hal yang menyebabkan komputer sering restart. Kalo sudah berbicara RAM rusak lebih baik diganti dengan yang baru dan juga dengan kualitas yang lebih baik. Karena jika RAM yang sudah rusak tetap dipertahankan, tetap saja suatu saat akan kembali kambuh seperti penyakit kronis pada manusia.
Itulah beberapa cara mengatasi komputer sering restart sendiri yang dapat saya sampaikan kepada para pembaca. Komputer yang sering restart sendiri juga tempo hari dialami oleh saya sehingga saya memutuskan untuk menginformasikan hal ini kepada anda mengingat komputer sering restart sendiri merupakan hal yang sering dialami pemilik komputer.
Semoga Bermanfaat










Related Posts:

0 Response to "Tips Servis Komputer Sering Restart Sendiri"

Posting Komentar